Mengingat Kembali Pertandingan Catur Sepanjang Sejarah, Komputer Deep Blue Vs Garry Kasparov

Inilah pertandingan catur yang mungkin akan terus diingat sepanjang sejarah. Pertarungan Garry Kasparov vs Deep Blue menunjukkan siapa yang lebih pintar, manusia atau komputer.

Sebelum Kasparov vs Deep Blue, sejarah mencatat ada beberapa pertandingan lain yang mempertemukan pecatur menghadapi komputer. Namun laga pecatur Russia vs super komputer milik IBM itu akan menjadi yang paling diingat karena di sanalah untuk kali pertama komputer mampu menaklukkan juara dunia dalam sebuah pertandingan.

Pertandingan pertama digelar pada Bulan Februari 1996 di Philadelphia, Pennsylvania. Kalah di game pertama, Kasparov mencuri game kedua untuk kemudian meraih hasil imbang di dua game berikutnya. Kasparoh akhirnya mengungguli Deep Blue usai memetik kemenangan di dua game terakhir dan keluar sebagai pemenang dengan skor 42.

Deep Blue lalu diupgrade lagi secara besar-besaran dan kembali bertanding melawan Kasparov. Rematch laga tersebut terjadi sebulan berselang. Meski memetik kemenangan di game pertama, Kasparov di akhir pertandingan harus mengakui keunggulan Deep Blue dengan 3 1/2 -2 1/2.

Usai kekelahan di laga kedua tersebut, Kasparov menyebut kalau dirinya merasa Deep Blue memiliki kecerdasan “yang berbeda” serta punya kreativitas dalam variasi gerakan yang mengarah pada kecurigaan akan adanya intervensi manusia. Tuduhan yang kemudian dibantah IBM.

Kasparov sebelumnya juga mengeluhkan tindakan IBM yang tidak memperbolehkannya menyaksikan rekaman pertandingan Deep Blue. Padahal tim pembentuk Deep Blue mempelajari ratusan pertandingan yang sudah dijalani Kasparov.

Deep Blue menjadi komputer pertama yang mengalahkan juara dunia bertahan. Komputer ini saat ini sudah “dipensiunkan” dan dipajang di Museum Nasional Sejarah Amerika (National Museum of American History), Amerika Serikat.

Berikut langkah-langkah saat Kasparov dikalahkan komputer Deep Blue, Di sini

Leave a comment